Pages

INI NIH YANG SERING BUAT KANTONG JEBOL !!! MINIMALIS INDONESIA

Hai sobat ! Jumpa lagi di blog ini. Sebelumnya aku mau nanya nih, kalian pernah nggak di akhir bulan atau after gajian ngerasa kalau duit kok rasanya kaya lewat aja. Atau pernah ngalamin nggak ketika kalian butuh sesuatu yang mendesak, kalian malah justru minjem sana sini atau berujung pakai paylater ? Semoga enggak yah. Nah, kalau kalian hampir ngalamin atau udah pernah ngalamin kalian perlu nih intropeksi diri, karena yang kaya gitu tuh perlu di terapi. Hehe, bercanda yah. Sebenernya bukan terapi tapi perlu lebih disadari biar nggak terulang lagi yah. Nah kira - kira apa aja sih yang bikin kantong jadi debol, berikut poin-poin dari aku :




1. Membeli Sesuatu Secara Tergesa-Gesa

Nah gais, ketika membeli sesuatu itu perlu banget pertimbangan dan tanpa tergesa-gesa, kenapa ? Biar nggak asal beli yang ujung-ujungnya nggak perlu-perlu amat. Terus kalo udah nggak perlu-perlu amat kenapa dibeli ? Apakah perlu ? Hanya kalian yang tau gais. Sebelum membeli, hendaknya kita perlu mengecek yang ada dirumah. Barangkali saudara atau orang tua kalian punya dan itu tidak terpakai, tentu kalian bisa memanfaatkannya gais, daripada membeli baru. Kenapa ? Disamping lebih menghemat, kalian bisa memperpanjang manfaat suatu barang, agar meringankan hisab orang lain juga.

2. Merasa Kurang Cukup

Terkadang kita menginginkan suatu barang yang sebenarnya sudah kita miliki namun karena jarang dirawat, bentuknya menjadi kurang apik, sehingga kalian menginginkan yang lebih apik. Ini yang dinamakan merasa kurang cukup, padahal kita tuh sebenarnya udah punya semua yang kita butuhkan. Perlu banget di dalam hati untuk menanamkan rasa cukup. Selain membuat perasaan lebih bahagia, merasa cukup juga membuat kita lebih tenang dan juga tidak FOMO alias Fear Out Missing Out. Oleh karena itu, coba cek lagi barang yang kalian miliki, mungkin kalian hanya perlu memperbaiki atau merawatnya, bukan membeli baru. 

3. Membayar Cicilan Tiap Bulannya

Ketika kalian memiliki cicilan rumah dan sebagainya apakah tidak boleh ? Boleh, tentu saja boleh. Hanya saja, lebih baik membayar segalanya dengan cash. Karena yah seperti yang kita tau kalau mencicil itu jatuhnya kita membayar beberapa kali lipat dari harga aslinya. Terus kalau tidak ada uangnya dan butuh tempat tinggal bagaimana dong ? It's fine, kalau untuk cicilan 1 atau 2 pintu, kalau lebih dari itu, saya sarankan hindari cicilan yah gais. Selain dosa riba, cicilan juga bikin kalian nggak nyaman karena yang uangnya harusnya bisa ditabung malah harus mengutamakan cicilan. Kalau untuk cicilan rumah mungkin it's fine yah, tapi kalau cicilan handphone baru karena untuk menunjang gaya hidup mending dihindari ya gais.


Mungkin itu aja sharing dari aku, barangkali ada yang ingin menambah dipersilahkan untuk menulis di kolom kentar ya gais, terimakasih :) n see you


Pink Sage Green

No comments:

Post a Comment

Jadwal Sewa Indoor Futsal, Aula, Pedang Pora, dan Mess PKTJ

Telah dibuka Sport Indoor Kampus II PKTJ Tegal untuk lapangan Badminton lhoo.... POTRET VENUE Jadwal Sewa Indoor Futsal, Aula, Pedang Pora...