Pages

APA ITU HIDUP MINIMALIS



Hai sobat ! Jumpa lagi di blog ini. Kalian pernah dengar gak sih dengan istilah minimalis ? Kalo pernah, tentu sudah akrab dengan yang namanya decluttering yah ? Atau belum tau sama sekali. Disini mimin mau berbagi tentang apa sih hidup minimalis itu.





Hidup minimalis atau minimalist lifestyle adalah gaya hidup yang terfokus terhadap sesuatu yang esensial  agar kehidupan lebih terarah tanpa distraksi atau gangguan. Hidup minimalis tidak jauh dari kutipan Less is More yang artinya lebih sedikit lebih baik. Dengan memiliki sedikit benda disekitar kita tentu kita akan lebih mudah bersyukur. Mengapa demikian ? Kita jadi lebih tau apa barang yang kita miliki dan lebih mudah untuk memakainya. Orang yang hidup minimalis adalah orang yang hidup bersama dengan benda benda yang diperlukan saja. Hidup minimalis ini tentu saja memiliki banyak keuntungan bagi kita yang menerapkannya, yaitu :


1. Hidup Menjadi Lebih Damai 

Karena hidup hanya dengan barang - barang yang esensial saja, kita tidak akan terbebani dengan distraksi barang di sekitar. Mengapa demikian ? Barang yang anda miliki saat ini, tentu anda beli ataupun anda terima dengan tujuan karena memiliki manfaat yang anda kejar sebelumnya bukan ? Namun, seiring berjalannya waktu, barang2 yang telah anda miliki saat ini dalam 1 tahun misalnya, apakah semuanya anda gunakan atau betul - betul bermanfaat untuk anda ? Atau hanya menjadi pajangan saja atau bahkan anda sendiri sudah lupa dengan barang tersebut ? Tentu hanya anda yang tau.


2. Beberes Menjadi Lebih Mudah

Dengan adanya barang - barang yang hanya esensial dalam hidup, tentu beberes jadi lebih mudah. Misalnya saja ketika hendak untuk mengelap meja di bawah televisi yang ada dirumah anda. Bayangkan jika diatas meja hanya ada sebuah vas bunga atau tidak ada sama sekali. Tentu mempersingkat waktu anda tanpa perlu memindahkan banyak barang terlebih dahulu. Dilihat dan dipandang pun menjadi lebih nyaman karena bersih dan tentu terlihat rapi. Atau bayangkan ketika anda dalam sebulan atau seminggu sekali membeli pakaian. Tentu anda harus mencucinya, melipatnya, merapikannya di lemari pakaian.


3. Hemat Uang 

Sudah pasti ketika anda menerapkan hidup minimalis anda akan memiliki tabungan yang banyak. Mengapa demikian ? Karena sudah tidak lagi kepikiran utuk membeli barang yang tidak esensial dalam hidup yang tentu akan menguras kantong anda. Apalagi jaman sekarang ini banyak sekali anak muda yang demi memperlihatkan gaya hidup yang hedon, sampai rela meminjam uang sana sini yang tentunya itu akan merugikan diri mereka sendiri. 


4. Hemat Energi

Energi anda tentu akan menjadi lebih bermanfaat dan bisa memfokuskan terhadap hal esensial dalam hidup anda ketimbang harus mengurusi barang2 yang belum tentu anda sering pakai. Membeli barang = membeli waktu. Waktu yang anda miliki akan terkuras untuk mengurusi barang2 yang belum tentu esensial dalam hidup anda. Atau mungkin anda akan membelinya dan ketika anda memilikinya kemudian anda akan mengabaikannya setelah penggunaan sekali, dua kali, ataupun tiga kali ? Tentu ini menjadi hal yang mubadzir dan akan memenuhi ruangan anda.


5. Ruangan Menjadi Lebih Luas

Karena memiliki sedikit barang, tentu saja anda hanya memerlukan perabot secukupnya. Dengan begitu anda dapat membuat ruangan anda menjadi lebih luas dan lega. Saat mobilisasi dari satu ruang ke ruang lainnya pun menjadi lebih mudah. 


Kira - kira itu saja yang dapat saya bagikan. Memiliki hidup yang minimalis sangat banyak sekali manfaatnya. Mungkin dari anda dapat menambah beberapa komentar apa aja keuntungan menjalani hidup minimalis ? Share di kolom komentar ya :)

cc:igz

Pink Sage Green

No comments:

Post a Comment

Jadwal Sewa Indoor Futsal, Aula, Pedang Pora, dan Mess PKTJ

Telah dibuka Sport Indoor Kampus II PKTJ Tegal untuk lapangan Badminton lhoo.... POTRET VENUE Jadwal Sewa Indoor Futsal, Aula, Pedang Pora...